Yogya-mu

EGGROLL UBI UNGU, OLEH-OLEH KHAS LAIN DARI JOGJA

Di Jogja dikenal begitu banyak macam makanan khas. Baik makanan berat maupun makanan ringan. Untuk makanan berat kita bisa menunjuk misalnya Gudeg. Untuk makanan ringan kita bisa menunjuk misalnya Kipo, Adrem, Yangko, Geplak, Bakpia, Cokelat Monggo, Geblek, dan sebagainya. Kini Jogja memiliki jenis makanan khas baru lagi, yakni Eggroll Ubi Ungu.

Nama Eggroll mungkin bukan merupakan istilah asli dari Jogja. Menilik bahasanya, istilah itu berasal dari bahasa Inggris. Mungkin Eggroll dulunya memang merupakan salah satu jenis makanan dari Eropa sana. Namun Eggroll Ubi Ungu hanya ada di Jogja. Eggroll Ubi Ungu diproduksi oleh Shasha, sebuah perusahaan keluarga yang dimotori oleh pasangan suami istri M. Lutfie Yunianto dan Iffah Al Munaffasah Al Sarifah. Perusahaan keluarga ini beralamatkan di Dusun Bedukan, Kalurahan Pleret, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Propinsi DIY.

Produksi Eggroll Ubi Ungu itu sendiri baru dimulai Desember tahun 2010. Niat atau gagasan memproduksi Eggroll Ubi Ungu itu sendiri terjadi setelah beberapa tahun sebelumnya mereka bergelut dalam produksi kue-kue kering. Permintaan kue-kue kering yang mereka produksi tiba-tiba meningkat ketika mereka mencoba memproduksi kue-kue kering dengan bahan baku Ubi Ungu. Ternyata minat masyarakat untuk mengkonsumsi makanan atau camilan dengan bahan baku Ubi Ungu cukup tinggi.

Hal ini dipicu oleh karena Ubi Ungu diketahui mengandung pigmen warna ungu yang cukup pekat dan bermanfaat sebagai anti oksidan. Disebutkan bahwa khasiatnya dapat menyerap polutan yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu pigmen tersebut juga diketahui dapat menghambat penggupalan sel-sel darah. Manfaat inilah yang diburu konsumen. Untuk mengkonsumsi Ubi Ungu secara langsung tampaknya konsumen tidak begitu suka. Mereka lebih suka mengkonsumsi dalam bentuk olahan.

Gagasan memproduksi Eggroll Ubi Ungu ini juga dipicu oleh karena Iffah dan suaminya cukup akrab dengan jenis kue yang dinamakan Ledre. Jenis kue ini cukup populer di daerah Cepu-Blora, sebuah daerah tempat kelahiran Lutfie (suami Iffah). Dari sinilah muncul gagasan untuk membuat kue yang mirip Ledre namun lebih praktis, awet, dan disukai ana-anak maupun orang dewasa. Gagasan itu juga dipicu oleh karena banyak orang suka makan kue jenis Semple (Sempe) dan Wafer. Lalu, muncullah gagasan membuat Kue Eggroll Ubi Ungu yang karakteristiknya juga mendekati Kue Semple maupun Wafer.

Eggroll dalam pengertian masyarakat Jawa (Jogja) sering juga dikatakan sebagai Kue Semprong karena bentuknya yang memanjang dan bolong di bagian tengahnya. Eggroll menilik namanya tentu mengandung bahan dari telur. Ternyata hal itu juga menjadi karakter dari Eggroll Ubi Ungu yang diproduksi di tempat ini. Telur hanya merupakan salah satu unsur bahan baku pembuat Eggroll. Sedang bahan-bahan lainnya adalah ubi ungu, terigu, gula, margarine, dan tepung sagu.

Dalam produksinya Iffah mengaku tidak lagi merasa kesulitan akan bahan baku karena memang sudah ada pedagang yang selalu siap mensuplai kebutuhan produksinya. Bahkan ke depan Iffah ingin menanam sendiri Ubi Ungu di wilayah Bantul.

Kini Shasha selaku produsen Eggroll Ubi Ungu telah memiliki karyawan sebanyak 14 orang. Artinya, perusahaan ini telah ikut mengurangi pengangguran di wilayahnya sekaligus membagikan kemakmuran di wilayah sekitarnya. Dengan jumlah karyawan sebanyak itu Shasha mampu memproduksi 300 dus Eggroll Ubi Ungu dalam setiap harinya. Masing-masing dus berisi Eggroll Ubi Ungu beratnya 170 gram. Biasanya satu dus berisi sekitar 20 batang Eggroll Ubi Ungu. Untuk satu dus dijual dengan harga Rp 13.000,00.

Menurut Iffah dan Lutfie, untuk pemasaran Eggroll Ubi Ungu di Jogja bisa dikatakan sudah cukup merata. Bahkan mereka juga telah memasarkan produknya hingga Bontang, Samarinda, dan Lombok. Kue Eggroll Ubi Ungu yang bersifat kering mampu bertahan selama 6 bulan. Anda tertarik mencoba Kue Eggroll Ubi Ungu ? Anda bisa datang langsung ke Bedukan, Pleret, Bantul atau ke kios-kios penjual oleh-oleh khas Jogja. Rasakan nikmat kremes-kremes Kue Eggroll Ubi Ungu sekaligus kemanfaatannya sebagai anti oksidan. Kue ini juga sangat cocok untuk oleh-oleh. Selamat mencoba !

a.sartono

EGGROLL UBI UNGU, OLEH-OLEH KHAS LAIN DARI JOGJAEGGROLL UBI UNGU, OLEH-OLEH KHAS LAIN DARI JOGJA

EGGROLL UBI UNGU, OLEH-OLEH KHAS LAIN DARI JOGJA

EGGROLL UBI UNGU, OLEH-OLEH KHAS LAIN DARI JOGJAEGGROLL UBI UNGU, OLEH-OLEH KHAS LAIN DARI JOGJA