Primbon

Memilih Sebidang Tanah Untuk Tempat Tinggal
Sebidang tanah yang miring ke timur namanya adalah Manikmaya,
memberi pengaruh baik bagi keluarga, jauh dari segala macam penyakit
yang berbahaya, banyak rejeki, selamat dan tentram. (karya: herjaka HS)

Memilih Sebidang Tanah
Untuk Tempat Tinggal

Setelah menemukan Kampung yang cocok berdasarkan perhitungan nama kampung dan nama orang yang mau menempatinya, langkah selanjutnya adalah melihat dan memilih tanah pekarangan. Menurut kitab Primbon ada beberapa keadaan tanah dan pengaruhnya bagi keluarga yang tinggal di tanah tersebut.

Keadaan tanah yang:

Miring ke timur namanya adalah Manikmaya, memberi pengaruh baik bagi keluarga, jauh dari segala macam penyakit yang berbahaya, banyak rejeki, selamat dan tentram. Sebaiknya di pojok halaman rumah diberi tanaman cocorbebek

Miring ke barat namanya Sri Sadana, kurang baik pengaruhnya bagi keluarga yang menempati, antara sesame anggota keluarga sering cekcok dan saling memakan hati, sering sakit. Jika karena sesuatu hal terpaksa menempati tanah yang digolongkan Sri Sadana ini dapat diberi penangkal dengan menaman pisang klutuk di halaman pojok timur.

Miring ke selatan namanya Gelagah, mempunyai pengaruh yang tidak baik bagi keluarga. Kehilangan harta dan sering ada kematian. Cara menangkalnya dengan menanam bara api ditengah-tengah halaman dengan dibarengi doa.

Miring ke utara namanya adalah Indraprasta, sangat baik pengaruhnya. Segala yang dikehendaki kesampaian. Kaya-raya turun-temurun.

Miring ke ketimur dan miring kebarat bagian tengah lebih tinggi (nggigir sapi) namanya Darmalungit, baik pengaruhnya bagi keluarga, berkelimpahan harta

Sebelah barat tinggi sebelah utara rendah namanya adalah Danarasa, baik juga bagi keluarga yang menempati, kaya harta.

Sebelah barat tinggi sebelah timur rendah namanya adalah Srinugraha, baik pengaruhnya, besar berkat-Nya

Sebelah timur tinggi sebelah barat rendah namanya adalah Kalawisa, pengaruhnya tidak baik. Keluarga yang menghuni sakit-sakitan dan sering ada anggota keluarga yang mati.

Gumulung ke selatan atau panjang membujur dan menghadap ke selatan, namanya adalah Siwaboja, kuarang baik pengaruhnya, selalu mendapat godaan.

Gumulung ke utara atau panjang membujur dan menghadap ke utara namanya adalah Wisnumurti, baik pengaruhnya. Banyak rejeki hingga anak dan cucu.

Herjaka HS

Sumber dari kitab Primbon