Primbon

Watak Dasar Bayi
Penggambaran wuku Tolu
Tolu (kiri) menghadap Batara Bayu..
Rumah gedong ada di depan dan umbul-umbul ada di belakang.
Burung Branjangan hinggap di atas pohon Walikukun yang menaunginya.
(karya herjaka HS)

Serial Primbon 135
Watak Dasar Bayi
yang lahir pada 24 Oktober s/d 30 Oktober 2010

Selain berdasarkan hari kelahiran dan pasaran kelahiran, watak dasar bayi dapat dikenali berdasarkan wukunya. Ada 30 wuku yang masing-masing wuku mempunyai wataknya sendiri-sendiri. Setiap wuku berumur satu minggu. Sehingga keseluruhan wuku mempunyai siklus waktu 1 minggu x 30 = 30 minggu atau 210 hari. Pengetahuan tentang wuku disebut pawukon.

Bagi bayi yang lahir pada kurun waktu satu minggu ke depan, berdasarkan perhitungan bulan yang dihitung mulai dari Sabtu 23 Oktober 2010 jam 18.00 atau jam 6 sore, sampai dengan Sabtu 30 Oktober 2010, jam 18.00 atau jam 6 sore, masuk dalam wuku Tolu wuku yang berada pada urutan nomor lima. Nama Tolu diambil dari nama anak prabu Watugunung dan Dewi Sinta yang nomor tiga. Wuku Tolu mempunyai watak dengan ciri-ciri sebagai berikut :

Hari naas : tidak jelas.
Hari baik : tidak menentu

Untuk mencegah agar terhindar dari celaka perlu mengupayakan slametan. Caranya adalah membuat tumpeng, dang-dangan beras atau meliwet/memasak beras dengan cara di-dang (dengan kukusan). Lauknya daging ayam dimasak lembaran, disertai dengan doa keselamatan.

Selain itu, selama 7 hari sejak diadakannya selamatan, yang bersangkutan tidak boleh diajak berpergian ke arah Barat Laut karena letak Kala berada di Barat Laut menghadap ke Tenggara.

herjaka HS