Primbon


Sukses sebagai petani (karya herjaka HS)

Serial Primbon 124
Perhitungan Hal Pekerjaan

Selain menentukan Wuku dan mengenali watak dasar si bayi, hari dan pasaran kelahiran juga dapat dipakai untuk memprediksi pekerjaan atau profesi yang cocok untuk si bayi kelak. Perhitungan ini dapat di jadikan salah satu panduan untuk mendampingi dan mengarahkan, pertumbuhannya si anak sesuai dengan potensi dan bakat yang dimiliki sehingga nantinya dapat mencapai hasil yang maksimal, dan mendapatkan sukses besar.

Cara menghitungnya, selalu memakai rumus tetap mengenai neptu hari (table A) dan neptu pasaran (table B) seperti dibawah ini:

Tabel A

Hari Neptu
Senin 4
Selasa 3
Rabu 7
Kamis 8
Jumat 6
Sabtu 9
Minggu 5

Tabel B

Pasaran Neptu
Pon 7
Wage 4
Kliwon 8
Legi 5
Paing 9

Dicontohkan : Bagi bayi yang lahir pada hari Rabu Pon

Cara menghitung:

langkah 1:
Menjumlahkan neptu hari lahir dan neptu hari pasaran:

Rabu 		= 7 
Pon		= 7   +
                     --------
Jumlah		= 14  

Langkah 2
Menjumlahkan neptu hari Rabu Kliwon. Dari mana menghitungnya sampai ketemu hari Rabu Kliwon?
Caranya, dihitung satu minggu kedepan dari saat kelahiran si bayi yaitu hari Rabu Pon, maka akan ketemu hari Rabu Kliwon.

Rabu 		= 7
Kliwon	             = 8   +	
                     --------
Jumlah		= 15

Langkah 3
Menjumlahkan neptu hari Rabu Paing. Dari mana menghitungnya sampai ketemu hari Rabu Paing?
Caranya : dihitung dua minggu kedepan dari saat kelahiran si bayi, yaitu hari Rabu Pon, maka akan ketemu hari akan ketemu hari Rabu Paing.

Rabu 		= 7
Kliwon	             = 9   +	
                   ---------
Jumlah		= 16

Langkah 4
Menjumlahkan langkah 1, 2 dan 3 yaitu: 14 + 15 + 16 = 45

Langkah 5
Jumlah tersebut dibagi dengan angka 5 yaitu: 45 : 5 = 9, tidak ada sisa.
Bilangan yang habis dibagi 5, dihitung sisa lima. Maka hasil perhitungannya adalah melihat pada daftar nomor 5

Langkah 6
Berdasarkan angka sisa yang ada, dapat dilihat pekerjaan yang cocok dengan si bayi kelak kalau sudah dewasa. Seperti pada daftar di bawah ini:

Sisa 1
Pekerjaan yang cocok dan dapat mengantarkan si anak sukses setelah dewasa, adalah Ngawula Gusti. jenis pekerjaan yang membutuhkan kesetiaan, kepatuhan, dan rasa hormat kepada atasan ataupun pimpinan. Jenis pekerjaan yang demikian adalah pekerjaan menjadi pegawai ataupun karyawan.

Sisa 2
Pekerjaan yang cocok dan dapat mengantarkan si anak sukses setelah dewasa adalah jenis pekerjaan yang membutuhkan keberanian, keuletan dan perhitungan matang yaitu sebagai pedagang atau pengusaha

Sisa 3
Pekerjaan yang cocok dan dapat mengantar si anak sukses setelah dewasa adalah jenis pekerjaan yang memerlukan pengetahuan luas, kreatifitas, bahasa yang baik, kelancaran dalam pengucapan dan lebih sempurna lagi jika didukung dengan suara yang baik. yaitu pekerjaan sebagai: pembicara, MC, penyiar, penyanyi atau pekerjaan lain yang menitik beratkan pada ketrampilan berbicara dan bersuara

Sisa 4
Pekerjaan yang cocok dan dapat mengantar si anak sukses setelah dewasa adalah jenis pekerjaan yang membutuhkan, ketekunan, kesabaran, yaitu pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan tanah, yaitu sebagai petani

Sisa 5 (bilangan yang habis dibagi 5)
Semua jenis pekerjaan dapat mengantarkan si anak sukses.

Jadi bayi yang lahir pada hari dan pasaran Rabu Pon adalah anak yang serba bisa, kelak setelah dewasa dapat sukses dengan pekerjaan apa saya yang telah dipilihnya,

Herjaka HS