Menelusuri jejak-jejak situs kerajaan Mataram Islam

Pengantar Redaksi:

Mulai Maret 2002 ini, tembi.org akan menurunkan rubrik baru yang diberi judul "Menelusuri Jejak-jejak Situs Mataram Islam". Rubrik ini tentu saja tidak dimaksudkan untuk mengupas seluruh sejarah perjalanan dinasti Mataram, tetapi hanya akan melihat cuplikan-cuplikan kecil dari perjalanan awal Dinasti Mataram, terutama sekali yang menyangkut situs-situs penting yang dihasilkan raja-raja Mataram awal, terutama Senopati, Sultan Agung dan Amangkurat I. Sedangkan mengenai situs dan kejayaan yang dihasilkan oleh raja Mataram yang lain, terutama setelah Palihan Nagari atau Perjanjian Giyanti (1755) yang membagi kerajaan Mataram Islam menjadi 2 (Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta) akan dibahas pada rubrik lain dalam Tembi.org ini. Berhubung tulisan ini ditulis secara singkat dan bahkan akan lebih banyak menggunakan foto untuk menjelaskan situasi situs-situs Mataram, bagi pembaca yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai rubrik ini ataupun ingin memberikan saran serta kritik dipersilahkan menghubungi redaksi agar kita bisa berdiskusi untuk membahas topik ini secara lebih mendalam.

Rubrik ini dikerjakan oleh kru tembi.org yang terdiri dari:

  • A. Ferry T. Indratno (Penulis Naskah)
  • Sartono Kusumaningrat (Editor)
  • Agus Herjaka (Editor)
  • Didit Priyo Daladi (Fotografer)

Sistematika Penyajian Rubrik Ini:

Agar pembaca dapat mengikuti tulisan ini dengan nyaman, kami akan menyampaikan urutan penyajian rubrik ini. Urutan ini tidak didasarkan atas kronologi waktu pembuatan situs atau usia pembuatan masing-masing situs, tetapi didasarkan atas kesiapan data yang dimiliki redaksi. Kelak jika tulisan ini selesai, redaksi akan kembali menyusun rubrik ini secara kronologis dan lengkap berdasarkan data-data baru yang terus kami cari dan juga dari hasil masukan-masukan pembaca sekalian. Urutan penyajian rubrik ini sebagai berikut:

  1. Pengantar Redaksi dan Sejarah Singkat Dinasti Mataram Islam Awal.
  2. Situs Makam Ki Ageng Giring
  3. Situs Kembang Semampir
  4. Situs Pleret
  5. Situs Kerta
  6. Situs Parangkusuma
  7. Situs Makam Kotagedhe
  8. Situs Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri

Foto-foto dan caption mengenai situs Mataram Islam ini akan mulai ditampilkan pada tanggal awal tahun 2002 ketika kami membahas mengenai situs makam Ki Ageng Giring, sedangkan pada tulisan pertama mengenai Sejarah Singkat Dinasti Mataram Islam awal ini, kami belum akan menampilkan foto.