KABAR ANYAR

UYON-UYON DAN TARI GOLEK DI KRATON

Di Bangsal Sri Manganti Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, seorang gadis menari dengan luwes dan gemulainya. Wajahnya sumringah dan penuh senyum. Gerakannya menggambarkan gadis remaja yang sedang berhias dan bersolek. Tarian berdurasi sekitar 20 menit ini terkesan indah dan anggun.

Tari Golek Ayun-ayun karya maestro tari klasik Romo Sas ini dikenal sebagai tari yang lazim untuk menyambut tamu. Puluhan wisatawan asing dan domestik asyik menikmati, sambil sesekali mengambil gambar dengan tustel dan handphonenya.

Pementasan tari ini merupakan bagian dari pementasan reguler yang dipertontonkan setiap hari Kamis di Bangsal Sri Manganti. Selain tarian, dipegelarkan pula uyon-uyon antara pukul 10.00-12.00.

Uyon-uyon dibawakan Sekolah Karawitan Krido Mardowo Kraton Ngayogyakarta. Panembromonya rata-rata telah berusia lanjut, demikian pula sebagian pemain gamelannya. Tembang yang mereka bawakan mengalun lembut dalam tempo lambat, membawakan suasana damai dan sejuk. Tak heran karena mereka membawakannya dengan penuh harmoni dan penghayatan.

Siang itu mereka membawakan sejumlah tembang seperti Ketawang Tunggal Laras Slendro, Gending Degung Banten Laras Pelog, Bedhayan Gondokusuman, Gending Singonolo dan Ladrang Sekar Geding.

Menurut salah seorang pemainnya, MB Rogomulyo, kelompok karawitan ini sebagian besar beranggotakan abdi dalem Kraton Ngayogyakarta.

Selain pentas di sini mereka juga membuka kursus karawitan untuk umum di Sekolah Karawitan Krido Mardowo. Berlokasi di Ndalem Kaneman, Jalan Kadipaten, sekolah ini buka pada hari Rabu pukul 4 sore. Di tempat milik GKR Anom Adi Brata dan KRAy Pintokopurnomo ini juga diselenggarakan kursus tari Jawa olehYayasan Among Beksa.

Menurut Rogomulyo, biasanya yang belajar karawitan di sini adalah mereka yang ingin menjadi abdi dalem Kraton. Meski para kenyataannya, tidak semua siswanya bertahan dengan cita-citanya untuk menjadi abdi dalem. Toh setidaknya mereka mewarisi salah satu keahlian seni tradisi Jawa yang nampaknya kian sepi peminat.

barata